Call UsChat WA

Les Privat IPS Malang

Les Privat IPS Malang
August 2, 2019 No Comments Uncategorized admin

Pengertian IPS (ilmu pengetahuan sosial) adalah suatu pembelajaran tentang konsep sosial yang berhubungan dengan geografi, sejarah, antropologi, sosiologi dan ekonomi. Di sekolah memang ada jenis pembelajaran ilmu pengetahuan yaitu IPA (ilmu pengetahuan alam) dan IPS (ilmu pengetahuan sosial). Jadi untuk pelajaran IPS memang mempelajari tentang hubungan manusia dengan sosial. Dari ekonomi mengenai bisnis, sejarah terbentuknya masyarakat, kewilayahan, dan lainnya. Setiap ahli memiliki pengertian yang berbeda-beda dari ilmu pengetahuan sosial itu sendiri.

Tujuan Belajar IPS

IPS termasuk pembelajaran wajib yang harus diajarkan di sekolah. Mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah. Tujuan utamanya tentu untuk mengembangkan potensi dari siswa untuk melihat masalah sosial dan lingkungan masyarakat, siswa juga menjadi lebih peka terhadap nilai sosial kemanusiaan yang ada di lingkungan, Hal ini bisa dijadikan dasar dalam bermasyarakat. Siswa pun semakin peka dengan apa yang terjadi di lingkungannya

Tujuan IPS menurut Supardi (2011: 186-187) sebagai berikut:

Pertama, memberikan pengetahuan untuk menjadikan siswa sebagai warga negara yang baik, sadar sebagai makhluk ciptaan Tuhan, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga bangsa, bersifat demokratis dan kebanggaan nasional dan tanggung jawab, memiliki identitas dan kebanggaan nasional.

Kedua, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan inkuiri untuk dapat memahami, mengidentifikasikan, menganilisis, dan memiliki ketrampilan sosial untuk ikut berpartisipasi dalam memecahkan masalah-masalah sosial.

Ketiga, melatih belajar mandiri, disamping berlatih untuk membangun kebersamaan, melalui program-program pembelajaran yang lebih kreatif inovatif.

Keempat, mengembangkan kecerdasan, kebiasaan dan ketrampilan sosial.

Kelima, pembelajaran IPS juga dapat diharapkan dapat melatih siswa untuk menghayati nilai-nilai hidup yang baik dan terpuji termasuk moral, kejujuran, keadilan, dan lain-lain, sehingga memiliki akhlaq mulia. Keenam, mengembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

Dari pendapat-pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan pendidikan IPS di sekolah adalah untuk membentuk karakter siswa menjadi warga negara yang baik dan bertanggungjawab, serta dapat menumbuhkan perilaku berpikir secara kritis dan inquiri. Melalui pendidikan IPS di sekolah diharapkan siswa mampu mengembangkan kemampuan-kemampuan seorang warga negara yang baik sehingga dapat memecahkan persoalan-persoalan di lingkungannya.

Tujuan tersebut dapat dicapai manakala program-program pelajaran IPS di sekolah diorganisasikan secara baik. Dari rumusan tujuan tersebut dapat dirinci sebagai berikut:

1) Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.

2) Mengetahui dan memahami konsep dasar yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.

3) Mampu membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat.

4) Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis yang kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.

5) Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yakemudian bertanggung jawab membangun masyarakat.

Ruang Lingkup IPS

Setelah memahami tentang pengertian ips, kita sedikit membahas tentang apa saja ruang lingkup ilmu pengetahuan sosial (IPS). Ruang lingkupnya terdiri dari manusia tempat lingkungan, waktu keberlanjutan, dan perubahan. Lalu ada ruang lingkup sistem sosial dan budaya serta ruang lingkup ekonomi dan kesejahteraan. Ilmu pengetahuan sosial ini dibagi menjadi banyak cabang ilmu. Ada cabang antropologi yang membahas tentang budaya, ekonomi mempelajari tentang produksi, keuangan di masyarakat. Geografi membahas tentang lokasi, wilayah dan semua hal mengenai bumi.

Ada hukum yang mempelajari tentang sistem aturan disebuah lembaga, linguistik yang mempelajari tentang aspek sosial dan kognitif dari bahasa. Pendidikan yang mempelajari tentang belajar mengejar, politik mengenai pemerintahan, psikologi mengenai tingkah laku, sejarah mengenai semua hal di masa lalu yang berhubungan dengan pertumbuhan manusia, sosiologi yang mempelajari tentang hubungan antar manusia dan masih banyak lainnya. Dengan memahami semua cabang ilmunya, anda lebih paham tentang pengertian ips. Sehingga anda bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Nah, itu tadi definisi mengenai Ilmu Pengetahuan Sosial. Ingin tahu lebih lanjut? Kuy, gabung bersama kami di Les Privat Malang!

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *