Call UsChat WA

Les Privat Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Malang

Les Privat Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Malang
July 31, 2019 No Comments Uncategorized admin

Pendidikan kewarganegaraan adalah suatu mata pelajaran yang diajarkan sejak masa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas bahkan hingga perguruan tinggi. Pendidikan Kewarganegaraan atau sering disingkat PKn adalah salah satu mata pelajaran yang penting karena dengan mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan, kita bisa mengetahui bagaimana menjadi warga negara yang baik. Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan nilai-nilai Pancasila yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kita bisa mengenal dan mengetahui banyak hal tentang negara kita seperti bentuk negara, bentuk pemerintahan, dan lain-lain melalui Pendidikan Kewarganegaraan ini.

Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan kita untuk menjadi warga negara yang baik. Namun, yang seringkali terjadi adalah Pendidikan Kewarganegaraan dianggap sebagai hal yang tidak penting dan seringkali diremehkan dan tidak disukai. Kita lebih terfokus pada mata pelajaran lain seperti matematika, biologi, bahasa inggris, ekonomi dan lain-lain. Padahal, pendidikan kewarganegaraan salah satu mata pelajaran yang penting karena PKn tidak berhenti pada siswa mampu menguasai materi namun yang terpenting adalah bagaimana cara menerapkan dan menginternalisasi nilai-nilai moral dalam diri siswa sehingga menjadi karakter yang baik. Disinilah pentingnya mempelajari pendidikan kewarganegaraan, karena percuma bila generasi kita cerdas secara akademik namun tidak dibarengi dengan akhlak yang baik pula.

Pada masa sekarang ini penanaman nilai-nilai moral pada diri siswa sangat diperlukan, karena pada saat ini moral anak bangsa semakin memburuk. Terlihat dari berbagai berita penyimpangan-penyimpangan dan kenakalan remaja yang sering kita dengar di berbagai media. Penyimpangan tersebut seperti kekerasan yang terjadi disekolah yang dilakukan oleh siswa terhadap siswa lain, tawuran, pergaulan bebas, bahkan penyalahgunaan narkoba dan lain-lain. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai-nilai moral yang terdapat dalam Pendidikan Kewarganegaraan belum sepenuhnya terinternalisasi dalam diri siswa. Lalu bagaimanakah cara agar nilai-nilai moral yang diajarkan melalui PKn tersebut dapat tertanam pada diri siswa?

Tidak sampai disitu, Pendidikan Kewarganegaraan juga mengajarkan kita tentang politik dan bagaimana menjadi warga negara yang aktif berpartisipasi dalam kegitan politik. Dengan kata lain melalui Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan kita menjadi warga negara yang melek politik. Dengan demikian, jika banyak warga negara yang melek politik maka tingkat partisipasi warga negara dalam hal politik juga meningkat.

Selain itu, ketika masa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, Pendidikan Kewarganegaraan lah mata pelajaran yang memperkenalkan kita tentang hukum. Dengan melalui Pendidikan Kewarganegaraan kita sebagai warga negara mengetahui tentang norma-norma yang berlaku dalam masyarakat melaui Pendidikan Kewarganegaraan.

Begitu banyak hal-hal yang baik yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan, mulai dari menanamkan nilai-nilai moral sehingga kita menjadi warga negara yang berakhlak baik, bagaimana menjadi warga negara yang berpartisipasi dalam urusan politik hingga bagaimana kita menjadi warga negara yang taat hukum dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Tujuan PKn adalah untuk membentuk watak atau karakteristik warga negara yang baik. Sedangkan tujuan pembelajaran mata pelajaran PKn, menurut Mulysa (2007) adalah untuk menjadikan siswa :

1. mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi persoalan hidup maupun isu kewarganegaraan di negaranya.

2. mau berpartisipasi dalam segala bidang kegiatan, secara aktif dan bertanggung jawab, sehingga bisa bertindak secara cerdas dalam semua kegiatan, dan

3. bisa berkembang secara positif dan demokratis, sehingga mampu hidup bersam dengan bangsa lain di dunia dan mampu berinteraksi, serta mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *