Call UsChat WA

Les Privat STIS Malang

Les Privat STIS Malang
July 30, 2019 No Comments Uncategorized admin

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 1958, memanggil pemuda-pemudi Indonesia lulusan sekolah menengah umum untuk dididik menjadi ahli statistik. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi, serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.

Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika (ekonomi dan sosial-kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan statistik menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan jurusan komputasi statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.

Kampus STIS berada di lokasi yang asri, didukung dengan fasilitas perpustakaan, laboratorium komputer dengan local area network dan internet, sarana olahraga, sarana ibadah, dan mudah dijangkau dengan transportasi umum.Seluruh pengajar adalah lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri dengan jenjang S2 dan S3.

Program pendidikan D-IV (setara S1) dan berhak mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (SSt). Jurusan STIS ada 2, yaitu:

Jurusan Statistik dengan 2 (dua) bidang konsentrasi:

Statistik Ekonomi, bagi yang berminat untuk menjadi tenaga ahli statistik ekonomi (Economic Statisticians) yang selain mampu melaksanakan kegiatan statistik ekonomi juga mampu melaksanakan analisis statistik dan pelaporan di bidang ekonomi, seperti penyusunan statistik harga-harga, Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), Neraca Wilayah, Indikator Ekonomi dan lain sebagainya.

Statistik Sosial dan Kependudukan, bagi yang berminat untuk menjadi tenaga ahli statistik sosial dan kependudukan yang mampu melakukan analisis dan pelaporan di bidang sosial, kependudukan dan demografi.

Jurusan Komputasi Statistik

Dimaksudkan bagi peminat komputer dan sistem informasi statistik berminat menjadi tenaga ahli yang menguasai teknik pengolahan data, membuat program dan analisis data serta menguasai teknik penyusunan sebuah sistem informasi statistik seperti penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan dan diseminasi data statistik.

Kegiatan perkuliahan STIS diselenggarakan di gedung milik sendiri yang memang dirancang untuk ketenangan dan kenyamanan belajar. Gedung perkuliahan tersebut juga dilengakapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar. Selain itu untuk kegiatan kuliah umum maupun kegiatan mahasiswa lainnya juga disediakan aula.

STIS dilengkapi pula dengan laboratorium yang didukung dengan perangkat-perangkat komputer dan paket-paket program komputer seperti SPSS, SAS maupun paket-paket lain yang berhubungan dengan statistika. Komputer-komputer di laboratorium juga dilengkapi dengan koneksi internet sehingga memungkinkan para mahasiswanya tidak tertinggal dalam dunia informasi.

STIS memiliki perpustakaan sendiri dengan jumlah dan judul buku yang cukup banyak yaitu sekitar 2000 judul buku. Selain buku-buku publikasi BPS, perpustakaan STIS memiliki koleksi buku-buku akademis yang menunjang dunia pengajaran. Buku-buku tersebut selain dibaca juga dapat dipinjam maupun di fotocopy dengan seijin petugas perputakaan. Disamping buku-buku tersebut diatas, perpustakaan juga menyediakan koran, majalah, kamus, ensiklopedia maupun handbook yang hanya boleh dibaca di ruang perputakaan.

Selama menjalankan masa studinya mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan. Bahkan setiap bulannya mahasiswa baik yang berstatus ID maupun TB akan menerima tunjangan ID maupun TB sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mahasiswa ID yang telah menyelesaikan studinya akan langsung diterima bekerja di BPS Pusat maupun cabang-cabangnya di daerah dan harus menjalani masa ikatan dinas selama 2 (dua) kali masa studi.

Penerimaan Mahasiswa Baru;

STIS menerima mahasiswa baru ikatan dinas (ID) dan tugas belajar (TB). Setelah lulus, mahasiswa ID akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada BPS dengan golongan III/a (PP No. 98 Th. 2000) dan ditempatkan di BPS seluruh Indonesia, sedangkan mahasiswa TB akan dikembalikan ke instansi yang mengirim.

Syarat Pendaftaran;

Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dan bebas narkoba.

Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober tahun pendaftaran.

Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan di STIS.

Lulus SMU /Madrasah Aliyah jurusan IPA (ijazah asli ditunjukkan pada waktu pendaftaran).

Nilai matematika dan bahasa inggris minimal 7 (tujuh) pada rapor semester/cawu terakhir kelas III.

Tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan instansi lain.

Membayar biaya penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru.

Mengisi dan mengembalikan formulir pendaftaran.

Berminat untuk melanjutkan ke STIS? Kuy, persiapkan sejak dini dengan bergabung bersama kami di Les Privat Malang.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *