Call UsChat WA

Les Privat TK Malang

Les Privat TK Malang
July 29, 2019 No Comments Uncategorized admin

Taman kanak-kanak (TK) merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia dini (usia empat tahun sampai memasuki pendidikan dasar). Menurut peraturan daerah Nomor 27 tahun 1990, tentang Pendidikan Prasekolah Bab I pasal 1 ayat (2) Pendidikan di Taman Kanak-Kanak dilaksanakan dengan prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain sesuai dengan perkembangan anak didik. Adapun tujuan TK berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0486/U/92 tentang Taman Kanak-Kanak, adalah membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap pengetahuan, ketrampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Kemampuan yang dimiliki oleh manusia merupakan bekal yang sangat pokok.

Pendidikan TK memiliki peran yang sangat penting untuk pengembangan kepribadian anak, serta untuk mempersiapkan mereka untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.  dimna anak-anak TK diberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan.Tugas utama TK adalah untuk mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap, perilaku, dengan cara yang menyenangkan.TK sebagai tempat bermain yang indah, nyaman, dan gembira bagi anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Teori praktik for adulthood dari k.groos (1991) mengatan bahwa bermain merupakan peluang bagi pengembangan ketrampilan dan pengetahuan anak yang sangat penting fungsinya. Bermain merupakan suatu kegiatan yang melekat pada anak bermain itu hal yang paling wajar disukai anak.

Melalui pendekatan bermain, anak-anak dapat merngembangkan aspek psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial  emosional, kognitif, bahasa, fisik atau motorik, kemandirian dan seni. Pada prinsipnya bermain mengandung makna yang menyenangkan, mengasikan, tanpa ada paksaan dari luar diri anak. Bermain sebagai metode pembelajaran di TK hendaknya disesuaikan dengan perkembangan usia dan kemampuan anak didik yang secara berangsur-angsur dikembangkan. Tujuan pendidikan TK itu sendiri membantu pertumbuhan dan pengembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (pasal 1. 14 undang-undang republik indonesia no 20 tahun 2003). Kemajuan akademis seharusnya tidak menjadi satu-satunya tujuan pendidikan proses pengembangan pengetahuan. Pola pikir dan pertumbuhan anak lah yang paling penting. Sebuah pendidikan yang diberikan oleh seorang guru dengan penuh kasih sayang akan membentuk karakter anak yang positif. 

Adapun menurut Depdiknas, tujuan dilaksanakannya Taman Kanak- kanak ialah membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.

Berdasarkan beberapa undang-undang tentang Taman Kanak-kanak, ada tiga tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan Taman Kanak- kanka, yaitu:

a. Membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Pasal 1 ayat 14 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003).

b. Mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik (Penjelasan Pasal 28 ayat 3 Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003).112

c. Membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya (Pasal 3 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1990).

Menurut Maimunah Hasan, ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini, yaitu:

a. Membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya.

b. Membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

Sekolah TK dan PAUD banyak manfaatnya, lo. Berikut ulasannya:

1. Membuat Tubuh Anak Menjadi Lebih Sehat

2. Mengembangkan Kemampuan Motorik pada Anak

3. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi pada Anak

4. Mengembangkan Kemandirian pada Anak

5. Mengembangkan Bakat Terpendam Anak

6. Mengembangkan Kedisiplinan pada Anak

7. Mengembangkan Daya Cipta pada Anak

Nah, itu tadi definisi tentang Taman Kanak-Kanak. Ingin anak anda lebih kreatif dan punya pengalaman lebih lagi? Kuy, bergabung bersama kami di Les Privat Malang.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *