Call UsChat WA

Les Privat Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Malang

Les Privat Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Malang
July 25, 2019 No Comments Uncategorized admin

IPA merupakan cabang ilmu yang fokus kajiannya adalah alam dan proses-proses yang ada di dalamnya (Ina Fitriyana, 2010 : 11). Pembelajaran IPA merupakan studi tentang manusia atau studi tentang masalah-masalah bagaimana manusia mengembangkan satu kehidupan yang lebih baik. Pendidikan sains menekankan pada pemberian secara langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan sains diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

IPA adalah pengetahuan yang mempelajari, menjelaskan, serta menginvestigasi fenomena alam dengan segala aspeknya yang bersifat empiris. IPA sebagai proses atau metode dan produk. Dengan menggunakan metode ilmiah yang sarat keterampilan proses, mengamati, mengajukan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan dan menganalisis, serta mengevaluasi data dan menarik kesimpulan terhadap fenomena alam, maka akan diperoleh produk IPA, misalnya fakta, konsep, prinsip dan generalisasi yang kebenarannya bersifat tenttif. IPA bisa dianggap sebagai aplikasi. Dengan penguasaan pengetahuan dan produk, IPA dapat dipergunakan untuk menjelaskan, mengolah dan memanfaatkan, memprediksi fenomena alam, serta mengembangkan disiplin ilmu lainnya dan teknologi.

Ilmu Pengetahuan Alam memiliki beberapa cabang ilmu lainnya. Namun pada beberapa cabang ilmu tersebut pernah kita pelajari sejak duduk di bangku sekolah. Berikut beberapa cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang ada:

  • Biologi ; adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup (organisme).
  • Ekologi ; adalah ilmu yang membahas tentang interaksi makhluk hidup dan hubungannya dengan lingkungan.
  • Kimia ; adalah ilmu yang membahas mengenai materi yang terdiri dari komposisi, sifat zat, aturan, dan perubahan akan zat tersebut serta seluruh materi yang menyertainya.
  • Astronomi ; adalah ilmu yang mempelajari tentang objek dan kejadian-kejadian yang terjadi diluar bumi. Seperti contoh planet, komet, bintang,dll.
  • Geologi ; adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang keseluruhan material yang ada di bumi.
  • Fisika ; adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat dan gejala-gejala yang terjadi pada benda-benda di bumi.

Setelah mengetahui pengertian Ilmu Pengetahuan Alam dan beberapa cabang ilmu yang terkandung didalamnya, selanjutnya kita harus mengetahui apa manfaat atau fungsi bagi kita mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam tersebut. Alam yang memiliki keberagaman yang melimpah menjadikan terbentuknya pengelompokkan untuk mempelajari lebih dalam, alam juga yang paling dekat dengan kehidupan semua makhluk hidup. Termasuk dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada, terlebih di Indonesia yang cukup kaya akan alam yang murni.

Manfaat sumber daya alam memang sudah tidak diragukan lagi, dengan adanya alam kehidupan semua makhluk hidup dapat berjalan dengan lancar, terpenuhi dan nyaman. Contoh kecil seperti oksigen, manfaat oksigen untuk bernafas menjadi faktor utama manusia bisa bertahan hidup. Pun juga sama dengan manfaat cahaya matahari untuk menyinari bumi agar udara dalam bumi berputar dan bernetralisir.

Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam berguna agar kita bisa mengetahui segala hal mengenai lingkungan hidup yang berhubungan dengan alam. Selain itu ada beberapa manfaat lagi dari mempelajari ilmu ini, berikut beberapa manfaat lainnya:

1. Menimbulkan rasa ingin tahu terhadap kondisi lingkungan alam.

2. Memberikan wawasan akan konsep alam yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

3. Ikut menjaga, merawat, mengelola, dan melestarikan alam

4. Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide mengenai lingkungan alam disekitar.

5. Konsep yang ada dalam Ilmu Pengetahuan Alam berguna untuk menjelaskan berbagai peristiwa-peristiwa alam dan menemukan cara untuk memecahkan permasalahan tersebut.

6. Membangun rasa cinta terhadap alam yang telah di ciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

7. Menyadari pentingnya peran alam dalam kehidupan sehari-hari.

8. Dapat memberikan pengetahuan tentang teknologi dan dampak serta hubungannya dengan kehidupan manusia sehari-hari.

9. Memberikan Pengetahuan untuk mengetahui perkembangan makhluk hidup dari zaman ke zaman.

10. Memberikan pengetahuan tentang perkembangan proses penciptaan alam semesta hingga seperti saat ini.

11. Membantu manusia dalam pengembangan IPTEK.

Nah, itu tadi sedikit pengetahuan tentang Ilmu Pengetahuan Alam. Ingin mengetahui lebih detail lagi? Yuk, bergabung bersama kami di Les Privat Malang!

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *