Call UsChat WA

Les Privat Fisika Malang

Les Privat Fisika Malang
July 24, 2019 No Comments Uncategorized admin

Fisika berasal dari bahasa Yunani yang berarti “alam”, sehingga fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda di alam. Fisika menjadi ilmu pengetahuan yang mendasar, karena berhubungan dengan perilaku dan struktur benda, khususnya benda mati. Menurut sejarah, fisika adalah bidang ilmu yang tertua, karena dimulai dengan pengamatanpengamatan dari gerakan benda-benda langit, bagaimana lintasannya, periodenya, usianya, dan lain-lain. Bidang ilmu ini telah dimulai berabad-abad yang lalu, dan berkembang pada zaman Galileo dan Newton, Galileo merumuskan hukum-hukum mengenai benda yang jatuh, sedangkan Newton mempelajari gerak pada umumnya, termasuk gerak planet-planet pada sistem tata surya.

Menurut KBBI, fisika yaitu ilmu tentang zat dan energi seperti panas, bunyi, cahaya dan sebagainya. Selain itu pengertian fisika lainnya juga disampaikan oleh Hough D Young yang mengatakan bahwa fisika adalah suatu ilmu yang sangat dasar dari berbagai ilmu pengetahuan lain. Menurut ensiklopedia fisika adalah ilmu yang didalamnya mempelajari benda dan gerakannya serta manfaatnya bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, fisika merupakan salah satu ilmu pengetahuan alam yang paling dasar dan banyak digunakan sebagai dasar untuk ilmu-ilmu lain yang berkaitan.

Tujuan mempelajari ilmu fisika adalah agar kita dapat mengetahui bagian-bagian dasar dari benda dan mengerti interaksi antara benda-benda, serta mampu menjelaskan mengenai fenomena-fenomena alam yang terjadi. Selain itu konsep-konsep dasar fisika tidak saja mendukung perkembangan fisika sendiri, tetapi juga perkembangan ilmu lain dan teknologi. Ilmu fisika menunjang riset murni maupun terapan. Ahli-ahli geologi dalam risetnya menggunakan metode-metode gravimetri, akustik, listrik, dan mekanika. Ahli-ahli astronomi memerlukan optik spektografi dan teknik radio. Demikian juga ahli-ahli meteorologi (ilmu cuaca), oseanologi (ilmu kelautan), dan seismologi memerlukan ilmu fisika.

Manfaat Belajar Fisika

1. Melatih berpikir logis

Dalam mempelajari ilmu fisika dapat melatih cara berfikir kita yang logis dan sistematis serta dapat melatih kita dalam menganalisis sebuah kejadian dengan teratur. Dengan mempelajari ilmu fisika maka kita juga dapat memprediksi suatu kejadian secara statistik atau pluang.

2. Mengerti fenomena alam

Fisika juga membantu kita untuk memprediksi kejadian alam yang menjadi penting untuk peradaban umat manusia. Kita akan memahami bagaimana dunia bekerja dari mulai mekanika kuantum, struktur atom hingga astrofisika yang akan membawa manfaat untuk mengerti fenomena alam.

3. Relevan dengan bidang sains lain

Fisika merupakan landasan ilmu untuk perkembangan ilmu lainnya seperti dalam bidang teknik dan kedokteran. Misal mahasiswa kedokteran perlu memahami bagaimana darah dan arus udara dalam tubuh melalui konsep tekanan, kecepatan aliran dan perubahan resistensi terhadap aliran.

4. Mengikuti perkembangan teknologi

Kemajuan teknologi seringkali berdasarkan penemuan dalam fisika atau improvisasi dari ilmu dasar fisika. Perkembangan rocket science, nuklir dan sebagainya yang merupakan terapan dari perkembangan ilmu fisika, sebab memahami ilmu fisika akan memudahkan kita memahami teknologi terbaru.

5. Tantangan intelektual

Banyak orang yang takut pada mempelajari fisika karena memiliki reputasi sebagai pelajaran yang sulit. Aspek-aspek tertentu dari fisika yang banyak orang merasa takut adalah kita harus memahami persamaan matematika yang banyak dan rumit serta harus memahami grafik, kemudian dapat menerjemahkan dan menjelaskan konsep tersebut ke dalam kehidupan nyata. Meskipun mungkin ada pelajaran lebih mudah di luar sana, salah satu dari nilai-nilai belajar fisika adalah bahwa hal itu secara intrinsik menantang dan karena itu juga sangat bermanfaat ketika seorang siswa memahami itu.

6. Memahami Dunia

Tidak semua manfaat fisika melibatkan hal-hal materi karena astrofisika, mekanika kuantum dan investigasi ke dalam struktur atom dan energi telah mampu menjelaskan banyak cara bagaimana dunia bekerja, bahkan turun sampai kelahiran asli dari alam semesta. Tentu saja, hasil penelitian juga dapat digunakan sebagai dasar dari teknologi baru, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *