Call UsChat WA

Les Privat Sejarah Malang

Les Privat Sejarah Malang
July 23, 2019 No Comments Uncategorized admin

Sejarah merupakan dasar, pondasi, ataupun tiang dari berbagai hal yang menunjang segala penjuru pengetahuan suatu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa. Fungsi sejarah pun penting untuk media pembelajaran dan pengetahuan. Jika dijabarkan lagi ada banyak manfaat belajar sejarah yang lainnya termasuk sebagai media rekreatif dan inspiratif. Dalam sejarah, ada 3 aspek yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya, yaitu:

1. Masa Lalu, yaitu gambaran mengenai kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau, sehingga dapat merumuskan hubungan sebab akibat terjadinya suatu peristiwa dan tidak semua peristiwa atau kejadian dapat tercatat dalam sejarah.

2. Masa Kini, yaitu masa dimana manusia mengalami masa yang terbaru dan merupakan masa yang sangat penting karena dapat menentukan masa depan. Sebagaian besar manusia memakai sumber pemahaman dari peristiwa di masa lalu sebagai cerminan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

3. Masa Depan, yaitu masa yang akan datang dimana segala sesuatu itu belum terjadi, dan segala sesuatu yang dilakukan pada masa kini akan mempengaruhi masa depan.

Sejarah sebagai suatu ilmu mempelajari berbagai peristiwa dan satu masa ke masa lainnya dan menyebabkan perannya menjadi sangat penting dalam kehidupan masyarakat, karena itu sejarah dapat menjadi penghubung dan generasi sekarang dengan generasi terdahulu. Melalui berbagai tulisan sejarah, generasi sekarang dapat mengetahui dan memahami berbagai peristiwa yang terjadi di masa lampau, sehingga generasi sekarang dapat menentukan sikap dan langkah-langkah kehidupannya menuju masa depan. Ada banyak fungsi dan manfaat sejarah yang didapat. Berikut akan dijelaskan manfaat sejarah dan tujuan mempelajari sejarah, yakni.

Mengetahui Peristiwa di Masa Lampau

Tujuan belajar sejarah  yakni mengetahui peristiwa yang terjadi di masa lampau. Hal ini merupakan dasar utama dari belajar sejarah. Kita bisa mengetahui apa yang terjadi di masa lalu, siapa yang terlibat, dimana peristiwa terjadi dan apa dampak dari peristiwa tersebut. Belajar sejarah akan menambah pengetahuan dan wawasan dari era ke era.

Manfaat Edukatif dan Pembelajaran

Artinya sejarah digunakan sebagai media pembelajaran. Kita pun bisa mempelajari sejarah, belajar mengenai tokoh dan peristiwa bersejarah yang telah terjadi di masa lampau.

Sebagai Sumber Inspirasi

Manfaat belajar sejarah berikutnya adalah manfaat inspiratif. Artinya sejarah digunakan sebagai sumber inpsirasi untuk kita saat ini. Misalnya bangsa Indonesia yang dulu pernah berjaya di zaman Kerajaan Hindu-Buddha, bisa digunakan untuk inspirasi agar Indonesia kembali berjaya di era modern saat ini. Sejarah juga bisa menjadi sumber inspirasi karya seni, mulai dari film, buku, novel dan musik.

Manfaat Instruktif

Fungsi sejarah lain yaitu untuk instruktif. Manfaat instruktif sejarah muncul dalam proses penyampaian suatu ilmu pengetahuan. Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, pada dasarnya sejarah memberikan pengetahuan yang masih bersifat teoritis, berupa pemahaman terhadap generalisasi-generalisasi atau konsep-konsep yang dipelajari dari peristiwa sejarah.

Sebagai Sarana Rekreasi

Mempelajari sejarah juga dapat memberikan kesenangan dalam diri. Dengan membaca kisah-kisah sejarah kita seolah bertualang melewati batas ruang dan waktu di masa lampau maupun mengunjungi situs sejarah, candi-candi dan museum-museum.

Sejarah Sebagai Keprofesian

Sejarah adalah bidang ilmu dimana banyak pelaku yang terlibat di dalamnya. Kini sejarah pun bisa dijadikan sebagai profesi atau pekerjaan. Orang yang mempelajari tentang sejarah disebut dengan sejarawan. Sementara profesi lain seperti arkeolog, guru sejarah, penulis sejarah dan peneliti juga dikategorikan pada keprofesian yang berhubungan dengan sejarah.

Memperluas Wawasan dan Pikiran

Sejarah sangat luas dan beragam. Tidak hanya melulu soal sejarah kemerdekaan Indonesia saja, namun banyak sejarah lain yang menarik untuk dipelajari seperti sejarah Perang Dunia, Revolusi Industri, sejarah peradaban Islam, sejarah penemuan benua Amerika dan lain-lain. Dengan mempelajari sejarah, tentu akan menambah wawasan pengetahuan kita dan memperluas pikiran.

Nah, paparan di atas adalah sedikit pengetahuan dari definisi sejarah. Ingin mengetahui lebih lanjut? Yuk, bergabung bersama kami di Les Privat Malang. Tunggu apalagi!

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *