Call UsChat WA

Les Privat IPDN Malang

Les Privat IPDN Malang
July 22, 2019 No Comments Uncategorized admin

Institut Pemerintahan Dalam Negeri disingkat IPDN adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Pada 10 Oktober 2007, dalam sebuah sidang kabinet, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan untuk menggabungkan STPDN dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) menjadi IPDN.

Adapun Visi dan Misi IPDN, yakni.

Visi:

Menjadi Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan terpercaya dalam menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter dan berkepribadian.

Misi:

  1. Melaksanakan Tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. Mengembangkan pendidikan akademik, vokasi dan profesi berbasis teoritis, legalitas dan empiris.
  3. Membangun kerjasama dengan berbagai unsur di dalam maupun luar negeri.
  4. Mengembangkan kurikulum pendidikan kepamongprajaan berbasis kompetensi.
  5. Meningkatkan kapabilitas tenaga pendidik dan kependidikan sesuai tuntutan kebutuhan.
  6. Mengembangkan infrastruktur dan sarana kependidikan yang memungkinkan terselenggaranya proses pembelajaran secara optimal.
  7. Mengembangkan kepribadian dan karakter pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.
  8. Meningkatkan mutu kinerja penyelenggara pendidikan yang mengarah pada pemenuhan standar mutu pendidikan tinggi nasional berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

IPDN merupakan salah satu lembaga tingkat tinggi di lingkungan departemen dalam negeri. Payung hukum yang mengatur fungsi dan kegunaan lembaga tersebut terdapat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Demi mendapatkan calon-calon kader pemimpin yang berkualitas, maka sejak zaman Hindia Belanda dibuat suatu akademi yang khusus mencetak praja yang disiapkan untuk menjadi calon kepala daerah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut maka pemerintah indonesia membentuk suatu Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) yang merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam negeri (STPDN) dan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP). IPDN merupakan salah satu lembaga tingkat tinggi di lingkungan departemen dalam negeri. Payung hukum yang mengatur fungsi dan kegunaan lembaga tersebut terdapat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Dijelaskan dalam peraturan tersebut mengenai kedudukan, tugas, dan fungsi IPDN adalah unit pelaksana teknis Kementerian Dalam Negeri yang menyelenggarakan pendidikan tinggi kepamongprajaan. IPDN dipimpin oleh seorang rektor, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada menteri dalam negeri (mendagri).

Dalam melaksanakan tugasnya, IPDN juga berfungsi sebagai :

  1. Pelaksanaaan dan pengembangan pendidikan akademik atau profesi.
  2. Pelaksanaan kegiatan penelitian, baik dalam proses pengembangan ilmu, pendidikan dan pengajaran, maupun pengabdian kepada masyarakat.
  3. Pelaksanaan pengkajian ilmu dan masalah-masalah pemerintahan.
  4. Pemberian saran dan pertimbangan kepada mendagri dari aspek akademis terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan otonomi daerah.
  5. Penatausahaan penyelenggaraan pendidikan.

Terakhir ialah alasan yang menjadikan IPDN tersebut dapat menyelenggarakan berbagai program pendidikan yang bersifat diploma, profesional maupun akademik yaitu, kepentingan program studi, kepentingan yuridis, kepentingan akademik dan kepentingan empiris.

Nah, itu tadi sedikit hakikat dari IPDN. Ingin bergabung di IPDN? Yuk, perdalami materi IPDN bersama kami di Les Privat Malang, agar keinginanmu terwujud. 🙂

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *