Call UsChat WA

Les Privat Akuntansi Malang

Les Privat Akuntansi Malang
July 22, 2019 No Comments Uncategorized admin

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data, transaksi yang berhubungan dengan keuangan sebab akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Selain itu, akuntansi juga merupakan bahan kajian mengenai suatu sistem untuk menghasilkan informasi berkenaan dengan transaksi keuangan.

Beberapa bidang akuntansi diantaranya:

• Akuntansi keuangan

• Pemeriksaan akuntansi atau auditing

• Akuntansi manajemen

• Akuntansi perpajakan

• Akuntansi biaya

• Sistem akuntansi

• Akuntansi sosial

Akuntansi memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi, yaitu.

1. Sebagai tolak ukur kemajuan perusahaan. Dari proses akuntansi yang disusun dengan baik, rapi dan benar sesuai dengan bukti-bukti transaksi yang ada, maka perusahaan dapat dikategorikan sebagai perusahaan yang baik. Begitu pun sebaliknya.

2. Sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan keuangan dan berguna bagi pihak-pihak berkepentingan terhadap kondisi serta aktifitas ekonomi perusahaan. Fungsi ini sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya di atas.

3. Dalam kaitannya dengan aktifitas ekonomi bangsa, pajak suatu perusahaan yang wajib dipenuhi pada negara juga dapat dihitung menggunakan akuntansi.

4. Sebagai bahan pertimbangan bagi investor-investor di dalam maupun luar negeri yang ingin melakukan investasi pada sebuah perusahaan.

5. Sebagai alat untuk mendeteksi dan mencegah tindak korupsi atau penyalahgunaan dana dalam sebuah perusahaan swasta maupun pemerintahan.

Akuntansi juga memiliki beberapa tujuan, secara umum tujuannya yakni.

• Memberikan informasi mengenai keuangan, baik itu aktiva maupun passiva perusahaan

• Memberikan informasi keuangan perusahaan yang dapat membantu dalam pembuatan estimasi potensi keuntungan perusahaan

• Memberikan informasi mengenai perubahan pada berbagai sumber ekonomi perusahaan, baik itu aset, hutang, serta modal.

• Menyediakan informasi lainnya terkait laporan keuangan untuk membantu pengguna laporan tersebut

Fungsi akuntansi yaitu sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan serta perubahan yang terjadi di dalamnya, akuntansi juga dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

Selanjutnya, berikut beberapa manfaat akuntasi diantaranya:

• Memberikan informasi keuangan sebagai dasar membuat keputusan managerial

• Memberikan informasi/ laporan kepada pihak eksternal

• Sebagai alat kontrol dan pengendali keuangan

• Sebagai alat evaluasi perusahaan

Pada dasarnya proses akuntansi membuat output laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan neraca pada suatu perusahaan. Pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan dan tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan untuk memudahkan orang lain memahaminya. Laporan dapat bersifat periodik dan ada juga yang bersifat suatu waktu tertentu saja, yakni meliputi.

1. Pihak Internal

Pihak internal adalah pihak yang berada dalam struktur organisasi. Manajemen adalah pihak yang paling membutuhkan laporan akuntansi yang tepat dan akurat untuk mengambil keputusan yang baik dan benar.

2. Pihak Eksteral / External

a. Investor

Investor membutuhkan informasi keuangan perusahaan untuk menentukan apakah akan menanamkan modalnya atau tidak.

b. Pemegang saham / pemilik perusahaan

Para pemilik perusahaan yang mempunyai bagian saham perusahaan membutuhkan informasi keuangan perusahaan untuk dapat mengetahui sejauh mana kemajuan atau kemunduran yang dialami perusahaan. Pemegang saham akan mendapatkan keuntungan dari dividen yang akan semakin besar jika perusahaan untung besar.

c. Pemerintah

Besarnya pajak yang harus dibayarkan perusahaan atau organisasi kepada pemerintah sebagaian besar berdasarkan atas informasi pada laporan keuangan perusahaan.

d. Kreditur

Jika perusahaan sedang terdesak dan membutuhkan dana segar perusahaan mungkin akan meminjam uang pada kreditor seperti meminjam uang di bank, berhutang barang pada supplyer / pemasok., yang nantinya kreditur akan memberikan dana.

e. Pihak Lainnya

Pihak lain dari luar perusahaan perusahaan yang  akan menggunakan laporan / informasi akuntansi suatu organisasi adalah auditor akuntan publik, wartawan, dan banyak lagi lainnya.

Macam dan Jenis Perkiraan atau Akun dalam Akuntansi : Harta / Aset / Aktiva, Kewajiban / Hutang / Pasiva dan Modal – Akutansi

A. Harta / Aset / Aktiva

Harta adalah benda baik yang memiliki wujud maupun yang semu yang dimiliki oleh perusahaan.

B. Kewajiban / Hutang / Pasiva / Liabilities

Hutang adalah kewajiban perusahaan pada pihak ketiga untuk melakukan sesuatu yang pada umumnya dalah pembayaran uang, penyerahan barang maupun jasa pada waktu-waktu tertentu.

C. Modal / Capital

Modal adalah hak milik atas kekayaan dan harta perusahaan yang berbentuk hutang tak terbatas suatu perusahaan kepada pemilik modal hingga jangka waktu yang tidak terbatas.

Nah, itu tadi sedikit pengetahuan tentang Akuntansi. Ingin mengetahui lebih lanjut? Yuk, bergabung bersama kami di Les Privat Malang.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *