Call UsChat WA

Les Privat Biologi Malang

Les Privat Biologi Malang
July 19, 2019 No Comments Uncategorized admin

Biologi adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern sangat luas serta terdiri dari berbagai macam cabang, dan subdisiplin ilmu. Biologi bukan ilmu yang dapat berdiri sendiri. Hal ini karena biologi merupakan cabang IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam. Layaknya seorang manusia yang saling membantu satu sama lain agar tetap bertahan hidup, ilmu biologi dan juga ilmu lainnya harus saling menolong, sehingga mendapatkan pengetahuan yang lebih bermanfaat bagi kehidupan. Bukti nyata dari hal tersebut yakni dengan ditemukannya sebuah alat yaitu mikroskop. Mikroskop merupakan jiwa dari ilmu biologi namun ditemukan dengan berdasarkan prinsip fisika.

Subdisiplin biologi didefinisikan berdasarkan skala organisme yang dipelajari, jenis organisme yang dipelajari, dan metode yang digunakan untuk mempelajarinya antara lain:

• Biokimia mempelajari kimia kehidupan.

• Biologi molekuler terkait dengan interaksi antar molekul biologis.

• Botani mempelajari biologi tumbuhan.

• Biologi seluler meneliti satuan dasar semua kehidupan, yaitu sel.

• Fisiologi mempelajari fungsi fisik, dan kimia jaringan organ, dan sistem organ suatu organisme.

• Biologi evolusioner meneliti proses yang menghasilkan keanekaragaman hayati dan ekologi mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya.

Ruang lingkup materi biologi yang semakin meluas, menuntut para pakar dalam bidang biologi untuk membuat suatu pengkhususan kajian yang sesuai dengan objeknya yang dipelajari lebih mendalam sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Pengkhususan kajian biologi yang mendalam tersebut dapat menghasilkan macam-macam cabang ilmu biologi yang semakin banyak. Ibarat sebuah pohon, biologi adalah pohon ilmu yang berukuran sangat besar yang mempunyai cabang-cabang ilmu serta tiap cabang tersebut yang akan menghasilkan anak cabang ilmu yang baru yang berkembang secara pesat.

Berikut beberapa cabang ilmu biologi, antara lain:

1) Aerobiologi – mempelajari tentang partikel organik yang ada di udara.

2) Agrikultur – mempelajari tentang proses produksi dari hasil panen, serta lebih menekankan terhadap penerapannya.

3) Anatomi – mempelajari fungsi, dan bentuk tumbuhan, hewan, serta organisme yang lainnya (terutama pada manusia).

4) Arachnologi – mempelajari arachnida (kelas hewan yang termasuk invertebrata Arthropoda yang masuk dalam subfilum Chelicerata).

5) Astrobiologi – mempelajari tentang distribusi, evolusi, dan masa depan kehidupan alam semesta, dapat disebut eksopaleontologi, eksobiologi, dan bioastronomi, dll.

Manfaat Biologi

Pada abad yang sudah modern saat ini, biologi bukan hanya mempelajari sesuatu makhluk hdup saja. Berbagai riset sudah pernah dilakukan serta terdapat berbagai penemuan yang dapat mengangkat kualitas kehidupan manusia untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya. Seperti masalah dalam hal makanan, energi, kesehatan, bahkan keamanan dunia juga bergantung pada biologi. Biologi telah dikembangkan ke cabang-cabang biologi guna mencapai kesejahteraan manusia.

Berbagai manfaat biologi sudah dirasakan hasilnya saat ini. Baik itu biologi sebagai ilmu dasar atau ilmu terapan yang terkait dengan ilmu yang lainnya. Berikut manfaat biologi bagi kehidupan, antara lain yakni:

  1. Pertanian

Perkembangan dunia pertanian tidak dapat dilepaskan dari adanya ilmu biologi. Saat ini dunia ada di situasi krisis kerawanan pangan karena menyusutnya lahan pertananian. Salah satunya yakni teknik hibridisasi yang sudah dikembangkan untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan serealia dan kacang-kacangan, agar tanaman yang terkena penyakit mendapatkan varietas unggul.

  • Kesehatan

Ilmu biologi sangat berguna dalam dunia kesehatan seperti anatomi tubuh, jaringan, dan sebagainya. Telah banyak riset serta berbagai macam penemuan salah satunya penemuan antibiotik dan vaksin untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

  • Kedokteran

Adanya transplatasi organ tubuh manusia sudah mulai berkembang sejak abad ke 20. Teknologi keberhasilan dalam implatansi bayi tabung dapat memudahkan penerusan keturunan yang dilalui dengan cara in vitro atau dalam tabung. Masih banyak juga berbagai penangan penyakit yang sebelumnya susah untuk diatasi seperti kanker, diabetes, dan sebagainya, sekarang ini penyakit itu dapat terbantu dengan adanya teknologi pada bidang farmasi dan kedokteran.

  • Pertahanan Negara

Pada saat ini sudah banyak yang menggunakan senjata biologis pathogen. Contoh dari senjata pathogen yakni seperti bakteri, virus, dan kuman. Bahkan dalam perkembangannya saat ini sudah tidak organisme pathogen. Akan tetapi, juga menggunakan toksin berbahaya, karena senjata biologis tersebut sudah dilarang digunakan dalam perang.

Nah, itu tadi sedikit definsi dari Biologi. Ingin mengetahui lebih dalam lagi? Yuk, bergabung bersama kami di Les Privat Malang..

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *