Call UsChat WA

Les Privat Ekonomi Malang

Les Privat Ekonomi Malang
July 18, 2019 No Comments Uncategorized admin

Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah “ekonomi” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos) yang berarti “peraturan, aturan, hukum “. Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai aturan rumah tangga. Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Ekonomi banyak dibahas dalam sebuah ilmu khusus yang dikenal dengan nama ilmu ekonomi yang di dalamnya mencakup sosiologi, sejarah, dan geografi. Beberapa bagian ekonomi yang berupa ilmu terapan sepert produksi, perdagangan dan konsumsi juga dibahas dalam ilmu lain seperti ilmu teknik, manajemen administrasi bisnis, sains terapan, dan keuangan. Ada banyak sektor dalam ekonomi yang kemudian dikelompokkan menjadi tiga sektor utama yaitu sektor primer, sektor sekunder dan sektor tersier.

Sektor tradisional: primer, sekunder, tersier

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/09/PDRB_per_kapita_Indonesia_2008.svg/450px-PDRB_per_kapita_Indonesia_2008.svg.png

Peta yang menunjukkan Produk Domestik Regional Bruto per kapita provinsi-provinsi Indonesia pada tahun 2008 atas harga berlaku. PDRB per kapita provinsi Kalimantan Timur mencapai Rp.100 juta manakala PDRB per kapita Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur kurang dari Rp.5 juta.

  Lebih dari Rp.100 juta   Rp.50 juta ++ – Rp.100 juta   Rp.40 juta ++ – Rp.50 juta   Rp.30 juta ++ – Rp.40 juta   Rp.20 juta ++ – Rp.30 juta   Rp.10 juta ++ – Rp.20 juta   Rp.5 juta ++ – Rp.10 juta   Kurang dari Rp.5 juta

Termasuk dalam sektor primer adalah sektor-sektor yang memanfaatkan langsung sumber dari daya alam, termasuk di dalamnya pertanian, perhutanan, perikanan, dan pertambangan. Beberapa industri manufaktur yang proses produksinya erat dengan sumber daya alam juga seringkali dikategorikan sebagai industri di sektor ini, antara lain industri di bidang pengepakan, penyulingan, atau pengumpulan sumber daya alam. Sektor ini biasanya merupakan sektor utama, dan berkontribusi paling besar di perekonomian negara-negara berkembang. Namun, terdapat penurunan jumlah pekerja yang beroperasi di sektor ini, baik di negara maju maupun negara berkembang. Di Amerika Serikat, tenaga kerja di sektor ini hanya mencakup sekitar 3% dari total tenaga kerja.

Dari sektor primer, bahan mentah diolah oleh sektor sekunder, yaitu sektor-sektor yang memproduksi, dan menciptakan produk akhir yang siap dikonsumsi, antara lain sektor produksi, dan konstruks. Sektor ini biasanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu industri ringan dan industri berat. Industri di sektor ini biasanya menggunakan energi yang sangat besar untuk beroperasi serta menghasilkan limbah yang juga besar, menyebabkan timbulnya masalah lingkungan atau polusi. Negara-negara dengan sektor sekunder besar disebut sebagai negara industri, antara lain Amerika Serikat, Jepang, Jerman, dan Rusia.

Berbeda dengan sektor primer, dan sektor tersier yang menciptakan produk berbentuk, sektor tersier adalah sektor jasa yang menciptakan produk tak berbentuk berupa layanan kepada konsumennya. Pelaku sektor tersier menawarkan pengetahuan  dan waktunya untuk meningkatkan produktivitas, kinjera, dan potensi di sektor-sektor lain. Produknya antara lain diberikan dalam bentuk perhatian, saran, akses, pengalaman, dan diskusi.

Selain tiga sektor di atas, terdapat juga dua sektor baru yang disebut sebagai sektor quaterner, dan quiner. Sektor quaterner merupakan cabang dari sektor tersier yang fokus pada pelaksanaan aktivitas-aktivitas intelektual. Termasuk di dalamnya sektor pemerintahan, budaya, kepustakaan, riset ilmiah, edukasi, dan informasi. Sementara itu, sektor quiner memiliki fokus yang lebih dalam lagi, yaitu pada sektor-sektor di sektor quaterner yang menjadi pengambil keputusan utama dalam sebuah masyarakat.

Nah, itu tadi sedikit pengetahuan tentang Ekonomi, ingin tahu lebih lanjut? Yuk, bergabung bersama Les Privat Malang!

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *