Call UsChat WA

Les Privat Bahasa Inggris Malang

Les Privat Bahasa Inggris Malang
July 18, 2019 No Comments Uncategorized admin

Bahasa Inggris atau English adalah bahasa jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada abad pertenghan awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai negara, termasuk Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan sejumlah negara-negara Karabia; serta menjadi bahasa resmi di hampir 60 negara berdaulat. Bahasa Inggris adalah bahasa ibu yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah bahasa mandarin dan bahasa Spanyol. Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni Eropa, Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta beragam organisasi lainnya.

Bahasa Inggris berkembang pertama kali di Kerajaan Anglo-Saxon Inggris dan di wilayah yang saat ini membentuk Skotlandia tenggara. Setelah meluasnya pengaruh Britania Raya pada abad ke-17 dan ke-20 melalui Imperium Britania , bahasa Inggris tersebar luas di seluruh dunia. Di samping itu, luasnya penggunaan bahasa Inggris juga disebabkan oleh penyebaran kebudayaan dan teknologi Amerika Serikat yang mendominasi di sepanjang abad ke-20. Hal-hal tersebut telah menyebabkan bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa utama dan secara tidak resmi (de fakto) dianggap sebagai lingua franca di berbagai belahan dunia.

Bahasa Inggris modern, kadang digambarkan sebagai lingua franca global pertama, adalah bahasa dominan atau dalam beberapa kasus bahkan ditetapkan sebagai bahasa Internasional dalam bidang komunikasi, sains, teknologi informasi, bisnis, kelautan, kedirgantaraan, hiburan, radio, dan diplomasi. Penyebaran bahasa Inggris di luar Britania dimulai dengan pertumbuhan dari Imperium Britania. Setelah kolonisasi Britania sejak abad ke-16 hingga ke-19, bahasa Inggris menjadi bahasa dominan di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Pertumbuhan pengaruh budaya dan ekonomi Amerika Serikat dan statusnya sebagai negara adidaya global sejak Perang Dunia II turut mempercepat penyebaran bahasa Inggris ke seluruh dunia. Bahasa Inggris menggantikan bahasa Jerman sebagai bahasa sains yang dominan dalam penghargaan Hadiah Nobel pada paruh kedua abad ke-20. Bahasa Inggris telah menyamai dan bahkan telah melampaui bahasa Prancis sebagai bahasa dominan dalam dunia diplomasi pada paruh kedua abad ke-19.

Kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi kebutuhan dalam sejumlah bidang ilmu, pekerjaan, dan profesi semisal kedokteran dan komputasi; sebagai akibatnya, lebih dari satu miliar orang di dunia bisa berbahasa Inggris setidaknya pada tingkat dasar. Bahasa Inggris adalah salah satu dari enam bahasa resmi Peresmian Bangsa-Bangsa.

Salah satu contoh dari dampak pertumbuhan bahasa Inggris adalah berkurangnya keragaman bahasa di berbagai dunia. Pengaruh bahasa Inggris berperan penting dalam kepunahan bahasa. Selain itu, keragaman bahasa Inggris juga berpotensi untuk menciptakan bahasa-bahasa baru dari waktu ke waktu, bersamaan dengan bahasa kreol dan pidgins.

Bahasa Inggris adalah bahasa pertama di Amerika Serikat, Antigua, dan Barbuda, Australia, Bahana, Barbados, Bermuda, Britania Raya, Guyana, Jamaika, Saint Kitts dan Nevis, Selandia Baru, dan Trinidad Tobago.

Selain itu bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa resmi di organisasi internasional seperti PBB dan Komite Olimpiade Internasional, serta bahasa resmi di berbagai negara, seperti di Afrika Selatan, Belize, Filipina, Hong Kong, Singapura dan lainnya.

Di dunia bahasa Inggris merupakan bahasa kedua pertama yang dipelajari. Bahasa Inggris bisa menyebar karena pengaruh politik dan imperialisme Inggris dan selanjutnya Britania Raya di dunia. Salah satu pepatah Inggris zaman dahulu mengenai kerajaan Inggris yang disebut Imperium Britania (British Empire) adalah tempat “Matahari yang tidak pernah terbenam” (“where the sun never sets”).

Bahasa Inggris mempunyai 26 fonem yakni 21 huruf mati dan 5 huruf  hidup. Di samping itu sistem tata bahasanya sederhana, di mana terdapat vokal dan konsonan.

Tata Bahasa Inggris memiliki variasi dalam struktur dan penggunaannya, tergantung dengan tradisi yang digunakan oleh suatu negara yang dipengaruhi oleh bahasa asli dari negara tersebut. Secara umum, tata bahasa yang dipedomani adalah tata bahasa Inggris Amerika (American English) dan Inggris Britania Raya (British English).

Sistem kala dalam bahasa Inggris disebut tenseTense terbagi menjadi tiga yakni:

  • Past tense (kala lampau)
  • Present tense (kala kini)
  • Future tense (kala akan datang)

Dalam satu tense masing-masing terbagi menjadi empat yakni:

  • Simple
  • Continuous/Progressive
  • Perfect
  • Perfect Continuous/Progressive

Nah itu tadi sekilas tentang sejarah Bahasa Inggris. Ingin mengetahui lebih lanjut lagi? Kuy, bergabung bersama kami di Les Privat Malang. Tunggu apalagi…

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *