Call UsChat WA

Les Privat Menulis Malang

Les Privat Menulis Malang
July 12, 2019 No Comments Uncategorized admin

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang tidak asing bagi kita. Menurut Husamah (2010: 17), menulis bukan sekadar mencurahkan ide, mencurahkan unek-unek atau menulis caci maki. Menulis adalah sebuah ibadah yang akan membawa seorang penulis pada kemuliaan karena menginspirasi dan mencerahkan banyak orang. Dengan menulis, banyak orang yang mungkin akan dibukakan hatinya, disebarkannya ilmu pengetahuan dan menjadi kunci dalam memahami suatu permasalahan. Menulis juga  melahirkan pikiran atau perasaan seperti mengarang, dan membuat surat. Hasil yang dilahirkan oleh pikiran atau perasaan dalam bentuk tulis disebut tulisan atau karya tulis. Karya tulis sebagai hasil pikiran atau perasaan dapat berupa khayalan dan dapat berupa kenyataan yang benar-benar terjadi. Karya tulis yang berupa khayalan dalam dunia ilmiah disebut karya tulis fiksi seperti puisi, cerpen, novel, roman, dan sebagainya. Jadi, menulis adalah suatu keterampilan berbahasa yang melahirkan pikiran atau perasaan yang bukan hanya mencurahkan ide atau mencurahkan unek-unek, yang juga bisa menjadi sebuah ibadah yang akan membawa seorang penulis pada kemuliaan karena menginspirasi dan mencerahkan banyak orang.

Tujuan Menulis Komunikasi dalam tulisan sangat erat kaitannya dengan tujuan menulis. Hogo Hartig dalam Fajar (2008: 3) mengemukakan tujuan menulis sebagai berikut.

  1. Tujuan penugasan Penulis tidak memiliki tujuan untuk apa dia menulis. Penulis hanya menulis tanpa mengetahui tujuannya. Dia menulis karena mendapat tugas, bukan atas kemauan sendiri. Misalnya, seorang pelajar ditugasi merangkum sebuah buku atau seorang guru ditugasi 245 Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB2015 membuat laporan oleh kepala sekolahnya.
  2. Tujuan altruistik Penulis bertujuan menyenangkan pembaca, menghindari kedukaan dan penalarannya, ingin membuat hidup para pembaca lebih mudah dan lebih menyenangkan dengan karyanya itu. Penulis harus berkeyakinan bahwa pembaca adalah “sahabat” hidupnya, sehingga penulis benar-benar dapat mengkomunikasikan suatu gagasan bagi kepentingan pembaca. Hanya dengan cara itulah tujuan altruistik.
  3. Tujuan persuasif Penulis bertujuan mempengaruhi pembaca supaya pembaca yakin akan kebenaran gagasan yang dituangkan atau diutarakan oleh penulis.
  4. Tujuan informasi Penulis menuangkan gagasan dengan tujuan memberi informasi atau keterangan kepada pembaca.
  5. Tujuan pernyataan diri Penulis berusaha memperkenalkan atau menyatakan dirinya sendiri kepada para pembaca.
  6. Tujuan kreatif Penulis bertujuan agar pembaca dapat memiliki nilai-nilai artistik atau nilai-nilai kesenian dengan membaca tulisan si penulis.
  7. Tujuan pemecahan masalah Penulis berusaha memecahkan suatu masalah yang dihadapi.

Manfaat Menulis Menulis mempunyai manfaat positif. Seorang penulis bisa menjadi orang terkenal, ia juga mendapat uang imbalan. Selain manfaat tersebut,Artati (2008: 5) menyatakan bahwa menulis memiliki beberapa manfaat, yakni.

  1. Sarana untuk mengungkapkan diri Mengungkapkan perasaan hati dapat dilakukan dengan menulis. Seorang penulis puisi yang sedang gelisah, marah, sedih, atau bahagia akan mengungkapkan perasaannya lewat puisi.
  2. Sarana untuk pemahaman Seseorang yang membaca buku berarti ia menambah pengetahuan dalam pikiran.
  3. Mengembangkan kepuasan pribadi, kebanggaan, dan perasaan harga diri Menulis merupakan kegiatan yang jarang dilakukan orang. Tidak semua orang mampu menulis. Seseorang yang mampu menulis sebenarnya sebuah kebanggan yang tiada taranya.
  4. Meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan Seorang penulis selalu dituntut untuk terus belajar agar ia mengetahui informasi. Akibatnya, pengetahuan penulis menjadi luas.
  5. Keterlibatan secara bersemangat Seorang penulis merupakan seorang pencipta. Ia disebut kreatif. Jika ada sesuatu yang tidak baik, ia akan terpanggil untuk mengomentari lewat tulisan-tulisannya.
  6. Kemampuan menggunakan bahasa Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk menulis. Seseorang yang ingin menulis harus menguasai bahasa yang dijadikan alat untuk menulis tersebut.
Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *