Call UsChat WA

Les Privat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Malang

Les Privat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Malang
July 11, 2019 No Comments Uncategorized admin

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting dilakukan sebab merupakan dasar bagi pembentukan kepribadian manusia seutuhnya pada masa kanak-kanak, yaitu ditandai dengan karakter, budi pekerti luhur, pandai dan terampil. Telah banyak dipaparkan oleh para ahli pendidikan anak bahwa pendidikan yang diberikan pada anak usia di bawah 8 tahun, bahkan sejak masih dalam kandungan sangatlah penting. Pada tahun pertama kehidupannya, anak-anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan anak pada tahun-tahun pertama sangat penting dan menentukan kualitas anak di masa datang.

Pendidikan anak usia dini didirikan sebagai usaha untuk mengembangkan seluruh segi kepribadian anak didik dalam rangka menjembatani pendidikan keluarga kependidikan sekolah. Ruang lingkup program kegiatan belajar PAUD meliputi: pembentukan perilaku melalui pembiasaan dalam pengembangan moral pancasila, agama, disiplin, perasaan/emosi dan kemampuan bermasyarakat, serta pengembangan kemampuan dasar melalui kegiatan yang dipersiapkan oleh guru, meliputi: penegembangan kemampuan berbahasa, daya pikir, daya cipta, ketrampilan dan jasmani. Sedangkan program kegiatan di PAUD berorientasi pada pembentukan perilaku melalui pembiasaan dan mengembangan kemampuan dasar yang terdapat pada diri anak-anak sesuai tahap perkembangannya. Menurut Moeslichatoen (2003) bahwa karakteristik tujuan kegiatan di pendidikan anak usia dini biasanya diarahkan pada pengembangan kreativitas, pengembangan bahasa, pengembangan emosi, pengembangan motorik dan pengembangan nilai serta pengembangan sikap dan nilai. Hal tersebut dilandasi oleh latar belakang anak PAUD yang memiliki kecenderungan selalu aktif  bergerak, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, senang bereksperimen, mampu mengekspresikan diri secara kreatif, mempunyai imajinasi dan senang berbicara.

Upaya mengembangkan kemampuan dan potensi anak usia dini diperlukan suatu program yang dapat membantu dan mendukung terhadap perkembangan anak, salah satunya adalah diadakannya kegiatan yang mensinergikan antara pendidik PAUD dengan orang tua melalui sebuah program pendidikan orang tua. Keterlibatan orang tua dalam lembaga pendidikan anak usia dini sangat penting untuk mewujudkan pembelajaran yang optimal di masa usia emas anak-anak. Diharapkan agar para orang tua tidak sepenuhnya berharap pada lembaga PAUD saja untuk mendidik anaknya, tetapi kontribusi orang tua juga sangat diperlukan untuk berperan membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Pelaksanaan pendidikan dengan memberdayakan orang tua merupakan solusi yang baik guna untuk meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini.

Pendidikan keluarga merupakan salah satu bagian dari jalur pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan dalam keluarga dan yang memberikan keyakinan agama, nilai budaya, nilai moral dan keterampilan pada anak usia dini. Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang memiliki berbagai fungsi, yang salah satunya adalah fungsi edukasi yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan keluarga sebagai wahana pendidikan pertama dan yang paling utama untuk anak-anaknya.

Selain itu, adanya kebiasaan orang tua mengasuh dan mendidik anak kurang baik, seperti: orang tua sering memarahi dan memaki anak, orang tua terlalu memanjakan anak, orang tua kurang menumbuhkan keberanian kepada anaknya, orang tua kadang memberikan contoh perkataan yang kurang baik dan tidak pantas ditiru oleh anak. Hal tersebut merupakan perbuatan yang tidak baik kepada anak. Bahkan masih ada orang tua yang kurang memperhatikan perilaku anak, hal tersebut ditunjukkan orang tua jarang mengikuti kegiatan konsultasi dengan guru untuk memantau perkembangan dan perilaku anak di sekolah, serta masih ada orang tua yang tidak memantau perkembangan kemampuan anak saat di rumah. Sehingga diperlukannya kerja sama yang baik antara orang tua dan anak untuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan anak-anak pada usia dini. Agar kelak tidak terjadi penyesalan pada diri orang tua pada tumbuh kembang si anak.

Ok, untuk mengurangi kecemasan para orang tua, Les Privat Malang menyediakan tutor yang profesional untuk membantu mengembangkan tumbuh kembang anak anda. Yuk, tunggu apalagi!

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *