Call UsChat WA

Les Privat Ulangan Harian Malang

Les Privat Ulangan Harian Malang
July 11, 2019 No Comments Uncategorized admin

Ulangan harian merupakan salah satu indikator bagi guru atas kemampuan siswa terhadap paham tidaknya materi Kompetensi Dasar yang diberikan oleh guru kepada siswa. Dengan adanya ulangan harian seorang guru bisa mengetahui kemampuan siswa dalam mengikuti mata pelajaran, siswa yang mampu memahami mata pelajaran dengan baik akan dengan mudah mengerjakan ulangan harian, begitu juga sebaliknya apabila siswa kurang dalam memahami mata pelajaran dalam pembelajaran maka akan sulit untuk mengerjakan ulangan harian. Akan tetapi semua itu tergantung dari setiap individu siswa dalam metode pembelajaran yang siswa terapkan dalam proses belajar.

Dengan adanya ulangan harian siswa juga dapat mengingat kembali materi yang sudah diberikan oleh guru serta melatih siswa untuk menguji mental, kejujuran dan psikologis terhadap masalah yang ada. Hal ini sangat berguna bagi perkembangan mental siswa untuk selalu siap menghadapi masalah yang ada. Guru pun bisa mendapatkan manfaat dari diadakanya ulangan harian, tidak hanya untuk mengetahui kemampuan siswa akan tetapi juga mengetahui tentang mental siswa dalam menghadapi ulangan harian.

Ulangan yang telah diadakan pun dapat dijadikan guru sebagai acuan apakah metode pembelajaran yang dia berikan efektif atau tidak. Pada kenyatanya ulangan harian menjadi momok kecemasan bagi siswa supaya meraka tetap belajar. Menurut Supadilah, ada beberapa indikator yang mempengaruhi siswa kenapa Ulangan harian menjadi momok kecemasan bagi mereka, yalni.

  1. Ulangan Harian membuat siswa harus belajar lebih giat lagi daripada sebelumnya, sehingga siswa harus membuka buku, membaca, mengotak-atik rumus, menghafal dan melakukan latihan -latihan soal, akan tetapi setiap siswa memiliki rasa malas yang akan menimbulkan pembelajaran SKS (Sistem Kebut Semalam).
  2. Siswa takut dan tidak siap mendapat nilai rendah, yang nantinya akan menimbulkan kecurangan-kecurangan yang akan dilakukan oleh siswa.
  3. Faktor guru juga ikut memengaruhi ulangan harian, terkadang guru masih kurang memberikan penghargaan kepada siswa baik yang mendapatkan nilai rendah maupun tinggi.

Kebiasanya ini sangat memberatkan bagi siswa yang pemalas karena semua akan dilakukan demi mendapat nilai yang bagus. Kecurangan–kecurangan yang sering siswa lakukan seperti mencontek, menjiplak, bertanya dan lain sebagainya. Masalah yang akan datang mengakibatkan ketidak jujuran bagi diri siswa dan nantinya akan berdampak buruk bagi masa depan siswa tersebut. Sangat memprihatinkan bagi para guru yang sudah susah payah memberikan materi yang sudah disampaikan. Guru ataupun siswa memiliki peran penting demi menjaga dan menjunjung rasa kejujuran dalam pendidikan, dengan adanya guru siswa seharusnya bisa lebih paham tentang materi yang disampaikan dan siswa semestinya bisa mencatat materi yang sudah diberikan dan memahaminya. Dengan adanya ulangan harian guru dan siswa harus memiliki kesiapan-kesiapan yang nantinya perlu dilakukan. Seperti guru yang menyiapkan soal ulangan harian yang sesuai dengan materi yang sudah disampaikan dan tidak terlalu mudah maupun terlalu sulit, demikian juga siswa harus selalu mempersiapkan materi yang sudah diberikan dan sering belajar demi untuk mamahami materi. Maka dengan begitu guru maupun siswa siap menghadapi ulangan harian. Kesiapan ulangan harian memiliki beberapa aspek yang harus diperhatikan oleh siswa seperti kesiapan pengetahuan, mental dan pola belajar. Dari masing-masing tersebut ada beberapa yang masih memiliki pengaruh besar bagi siswa untuk memantapkan menghadapi ulangan harian. Kesuksesan ulangan harian tergantung setiap individunya masing-masing karena menghadapi ujian ada beberapa masalah yang nantinya akan dihadapi oleh siswa.

Kini saatnya untuk kalian dan para orang tua mempersiapkan lebih dini materi ulangan. Salah satu caranya adalah bergabung dengan kami di Les Privat Malang.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *